Jumat, 24 September 2010

Tips merawat anjing mini pom


Tips merawat anjing mini pom

makanan:
mini pom termasuk rentan. berikan dogfood yg bagus seperti orijen atau acana. kalo budget terbatas kasih dogfood merk eagle pack holistic chicken & rice atau nutrisource small breed puppy.
lebih bagus kalo dikasih raw food: daging ayam/sapi mentah yg dicampur dengan sayuran yg uda diblender/cincang berupa wortel & buncis atau kentang yg dikukus or blender. bisa juga tambahkan telur mentah, kulit telur jangan dibuang - hancurkan kulitnya n diberikan bersama makanannya sebgai sumber kalsium. kebutuhan makan mentah adalah 2% dari berat badan anjing.
contoh:berat minipom 2kg maka makanan yg dibutuhkan dalam 1 hari 40gr yg isinya berupa 70% daging & 30% campuran sayur/kentang rebus/ubi merah (daging 28gr - sayur/kentang 12gr)


asupan vitamin:
- suplemen dorwest herbs: keeper's mix yg menjaga kesehatan hati,ginjal, organ penting lainnya sehingga efeknya ke bulu akan luar biasa! karena organ2 sehat maka bulu juga akan indah, ga rontok, berkilau, cepat panjang n tebal! mantap deh, dah terbukti.
bentuknya bubuk ijo mirip melilea. untuk ukuran 500gr bisa untuk 11 bulan untuk 1 ekor minipom (anjing di bawah 5kg), sehari cukup sekali aja bisa dicampur ke makanan or dicampur air dikit.

- suplemen dorwest herbs:garlic & fenugreek tablets yg mengandung bawang putih yg berfungsi sebagai antibiotik alamiah yg mencegah infeksi, meningkatkan kekebalan tubuh tubuh anjing so ga gampang sakit, sembuhkan batuk, n kutu ogah deket2 krn darah jd bau bawang n kutu paling benci ma bau bawang. 1 hari cukup 1 tablet, kalo sakit flu or batuk dosisnya 2x1tablet hingga sembuh. bentuknya tablet bulat pipih super mini yg dilapisi gula, warna putih.

kalo mau yg murah meriah bisa kasih minyak kelapa 1 sendok teh sehari 1x or minyak ikan cod yg bentuknya softgel..
jangan lupa dikasih minum susu yg ga mengandung laktosa, anjing ga bisa cerna laktosa. merk susu yg disarankan: SGM LLM (box pink) or VITALAC FL (Free Lactosa).

grooming.
pom ga boleh sering2 dimandiin karena ntar bulunya jd kering. kalo aktifitas di dalam rumah cukup mandiin sebulan sekali or 2 minggu sekali. yg perlu rutin dilakukan adalah menyikat bulu2nya 2 hari sekali. kalo ga disikat bakal kusut.
mandiin pake air hangat, setelah itu bilas hingga bersih. sisa shampoo yg menempel akan membuat kulit anjing kering n iritasi. segera bungkus anjing dengan handuk biar ga kedinginan.
setelah itu langsung dikeringkan pake blower yg anginnya hangat or hair dryer dengan jarak yg agak jauh dr anjing.
shampoo yg gw saranin: CROWN ROYALE FORMULA NO.3. setelah bilas bulu anjing aluss banget kek habis pake conditioner gitu. pas di blow kering bulunya mengkilat n megar trus wanginya tahan lama! sampe 2 bulan ga mandi pun ga bau lho, gw uda membuktikan ke pom gw. 1 botol shampoonya bisa untuk 1 tahun bahkan lebih untuk seekor pom, karena konsentrat jd hemat. kalo mau pake mesti dicairkan 1:20. untuk bikin shampoo sebanyak 1 botol aqua 600 ml hanya butuh 2-3 sendok makan shampoonya! 1 botol aqua 600ml bisa untuk berapa kali mandi? hemat kan! ukuran shampoonya: 16oz/478ml. kalo dicairkan 1:20 --> 478mlx20= 9.5liter! kapan abisnya ya? hehehe... kalo dicairkan harus pake air mineral biar sisa shampoo ga basi. cukup pake shampoo aja, ga perlu conditioner,dll.
jangan lupa gunting kuku n bersihkan telinga pake cotton bud.

kesehatan:
pom tubuhnya lumayan rentan sama yg namnya sakit terutama flu. sediakan tempat tidur anjing yg empuk, pom suka banget ma yg empuk2.
teratur kasih obat cacing 3 bulan sekali, vaksin juga harus teratur dimulai sejak umur 4 minggu. kemudian vaksin dilakukan setahun sekali. kalo tiba2 suatu saat kamu menemukan pom kamu sesak nafas n keluarin suara kek grok grok grok gitu jangan panik ya? kebanyakan pom or anjing ras kecil lain begitu karena kelainan genetik pada trakea (trakea bengkok). rawat aja dengan memberikan suplemen bawang n keep'rs mix.
jangan pernah ngasih coklat ya! beracun banget buat anjing.

perilaku:
pom umumnya agresif, suka mau tau, rewel n berisik banget. pom juga sangat lincah n senang bermain. jd kalo mau ngajarin poop or pee di tempatnya mesti sabar. pada dasarnya pom cerdas n suka mau tau, jd pasti bisa diajarin kok. gw aja sukses ngajarin anak2 gw (2 pom). sediakan mainan khusus anjing biar melatih kecerdasan dia n melatih giginya. kalo maslaah berisik suka gonggong gw terus terang suka banget, soalnya rumah jd rame n ga sepi... hehehe trus juga bisa jadi alarm dog. tp ada juga pom yg kalem, tergantung genetik lah. yg pasti pom ga mau dicuekin ma kita, dia bakalan protes hehehe.

kalo mau di breeding usahakan betinanya jangan yg mini ya? biar jantannya aja yg mini. karena kalo mini susah di breed... apalagi waktu melahirkan.. paling yg lahir 1 atau 2 aja, takutnya si induk ga kuat melahirkan karena badannya yg mini. kesian kan.... kalo ga mau di breed tp di rumah ada jantan/betina lain mending di steril aja, anjing yg disteril lebih sehat n umurnya lebih [anjang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar